detikNews
2019/09/19 09:59:28 WIB

Beda Menteri Jokowi yang Dijerat KPK: Idrus Langsung Mundur, Imam Konsultasi

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Beda Menteri Jokowi yang Dijerat KPK: Idrus Langsung Mundur, Imam Konsultasi Imam Nahrawi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait hibah KONI. Ada perbedaan sikap antara Imam dan eks Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham saat ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Idrus lebih dulu ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek PLTU Riau-1. Pengumuman Idrus sebagai tersangka baru dilakukan KPK pada Jumat (24/8/2018) malam, pukul 20.20 WIB, sedangkan Idrus sudah mengaku dirinya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan mundur dari jabatannya pada siang harinya.

"Sudah kemarin sore, kan atas dasar itu saya mengundurkan diri," ujar Idrus kepada wartawan di kompleks Istana, Jumat (24/8/2018).


Idrus MarhamIdrus Marham (Ari Saputra/detikcom)

Dia mundur karena mengaku ingin fokus menghadapi kasus hukumnya. Saat itu, Idrus menegaskan dirinya sudah menjadi tersangka dan menerima surat pemberitahuan dari KPK.

"Kemarin sudah pemberitahuan penyidikan, yang namanya kalau sudah penyidikan itu kan pasti sudah statusnya tersangka. Kemarin sore (informasi)," ujar Idrus.




Kini, Idrus sudah divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 2 bulan kurungan. Dalam putusan Pengadilan Tipikor tersebut, Idrus dinyatakan bersalah menerima suap Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1. Dia dinyatakan bersalah melanggar Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP

Hukuman Idrus kemudian diperberat oleh majelis hakim tingkat banding yang diketuai I Nyoman Sutama serta hakim anggota Mohammad Zubaidi Rahmat dan Achmad Yusak. Majelis menyatakan Idrus Marham terbukti bersalah dalam kasus suap ini dan dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Lalu bagaimana dengan Imam?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com