detikNews
2019/09/18 21:15:17 WIB

NasDem DKI dan PDIP DKI Tak Masalah Anggota DPRD 'Gadaikan' SK

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Halaman 1 dari 1
NasDem DKI dan PDIP DKI Tak Masalah Anggota DPRD Gadaikan SK Dokumentasi DPRD DKI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino tak mempermasalahkan bila anggotanya menggadaikan surat keputusan. Wibi mengatakan anggotanya akan berdiskusi dengan fraksi sebelum menggadaikan SK.

"Sah-sah aja. Kalau kita minjem kan dipotong dari kita kan gaji bulanannya. Kalau itu sih kita nggak ada masalah kan. Karena sama aja kan kredit tanpa agunan," kata Wibi di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).


Wibi mengatakan saat ini tidak ada yang melaporkan ke dia untuk menggadaikan SK. Menurutnya, tidak mungkin SK digadaikan tanpa berdiskusi dengan fraksi.

"Dibicarakan dulu, kita lihat. Kalau di-PAW (pergantian antarwaktu)-kan. Kalau tiga tahun-empat tahun di PAW kan gimana," ujar Wibi.

Senada dengan Wibi, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan juga tidak mempermasalahkan hal itu. Dia menilai yang paling penting anggota DPRD DKI Jakarta yang menggadaikan SK-nya bisa melaksanakan kewajibannya dengan baik.

"Itu sesuatu yang biasalah. Yang pasti jangan sampai nunggak. Itu yang penting. Yang pasti harus ada kemampuan, itu aja," jelasnya.


Sebelumnya, Bank DKI membenarkan ada anggota DPRD 'menggadaikan' surat keputusan demi kredit. Para anggota Dewan menjaminkan SK-nya untuk meminjam uang di Bank DKI.

"Sudah ada beberapa anggota Dewan mengajukan dan telah menerima fasilitas kredit multiguna di Bank DKI," kata Corporate Secretary Bank DKI Herry Djufraini kepada wartawan.
(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com