Tolak Irjen Firli, Massa Aksi di KPK Dorong-dorongan dengan Polisi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 15:34 WIB
HMI DKI Jakarta menolak Irjen Firli jadi Ketua KPK. (Dok. detikcom)
Jakarta - Sekelompok orang melalukan aksi penolakan terhadap Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK terpilih di depan gedung KPK. Massa terlibat dorong-dorongan dengan aparat kepolisian.

Pantauan detikcom, massa mencoba mendekat ke gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019). Mereka membawa spanduk bertulisan 'Menolak Irjen Firli sebagai Ketua KPK'.


Aksi dari massa itu terlihat dihalau oleh aparat kepolisian. Massa dan polisi sempat terlibat saling dorong-dorongan.

Suasana pun makin panas. Sejumlah orang aksi kemudian diamankan polisi.

Tolak Irjen Firli, Massa Aksi di KPK Dorong-dorongan dengan PolisiMassa menolak Irjen Firli dorong-dorongan di depan KPK. (Dok. detikcom)



Tak lama kemudian, situasi menjadi kondusif. Massa masih melalukan aksi di sekitar KPK.

"Kami meminta Jokowi untuk menolak Irjen Firli menjadi Ketua KPK," kata salah satu orator.

Tolak Irjen Firli, Massa Aksi di KPK Dorong-dorongan dengan PolisiMassa menolak Irjen Firli dorong-dorongan di depan KPK. (Dok. detikcom)


Aparat kepolisian pun menjaga aksi yang dilakukan oleh massa. Polisi membuat barikade di depan massa aksi.

Selain itu, di seberang ada aksi yang dilakukan oleh massa pro-revisi RUU KPK. Aksi dari dua kelompok massa itu dipisah kan barikade aparat kepolisian.

Namun ada pula massa lainnya..


Ada Juga Massa Pro UU KPK Baru

Sekelompok massa yang mendukung adanya revisi Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK juga melakukan aksi di depan gedung KPK. Sebagian massa ada yang memakai pakaian karakter pewayangan.

Massa yang mendukung RUU KPK melakukan aksi di depan Gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019). Ada sejumlah massa yang memakai pakaian karakter pewayangan.

Massa yang memakai pakaian pewayangan itu berada dibarisan paling depan. Massa itu terlihat membawa poster yang bertuliskan mendukung RUU KPK.

Tolak Irjen Firli, Massa Aksi di KPK Dorong-dorongan dengan PolisiFoto: Massa pro UU KPK baru yang beraksi di KPK/detikcom



Selain itu, ada juga massa yang terdiri dari para perempuan memakai pakaian merah-putih. Mereka tampak membawa bunga.

Satu mobil komando terlihat di lokasi memimpin aksi mendukung RUU KPK. Orator pun silih berganti memberikan orasi di depan gedung KPK

(ibh/imk)