detikNews
Selasa 17 September 2019, 08:41 WIB

Anies Kirim 65 Satgas Penanganan Karhutla

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Kirim 65 Satgas Penanganan Karhutla Foto: M Fida Ul Haq/detikcom
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 65 petugas gabungan menjadi satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ke Riau. Anies meminta para petugas tidak memandang tugas tersebut bukan sebagai pengorbanan tapi pengabdian.

Rombongan dilepas oleh Anies di Lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019). Petugas yang dikirim berasal dari Dinas Penaggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 25 orang, Dinas Kesehatan sebanyak 10 orang yang akan membuat dua posko, BPBD sebanyak lima orang, Dinas Sosial sebanyak 10 orang, tim relawan Jakarta sebanyak 10 orang, serta tim pendukung sebanyak 5 orang.


Anies meminta petugas bekerja dengan mengikuti koordinasi dari BNPB. Dia berpesan petugas memandang amanah tersebut sebagai kehormatan mewakili warga DKI Jakarta. "Saya tegaskan saudara-saudara berangkat ke sana jangan dipandang pengorbanan. Jangan merasa berangkat sebuah beban. Terima tanggung jawab sebagai kehormatan, mendapat kehormatan mewakili ibu kota, memdamkan api, menyelamatkan anak-anak, orang tua dari asap," kata Anies.

Tim gabungan ini akan bertugas selama 10 hari.Tim gabungan ini akan bertugas selama 10 hari. Foto: M Fida Ul Haq/detikcom

Anies mengingatkan petugas selalu menjaga kesehatan. Hal tersebut dilakukan agar petugas bisa bekerja maksimal. "Kondisi di sana kita tahu bukan kondisi yang menyenangkan. Paparan asap ada dimana-mana. Karena itu yang datang jaga kesehatan dengan baik, pastikan selalu fit," ucap Anies.



Menurut Anies, tim akan bertugas 10 hari. "Tiap tim durasi penugasannya 10 hari. Dengan begitu, harapannya mereka pun terjaga kesehatannya karena bertugas di sana. Jadi penugasan 10 hari, lalu kita akan kirim lagi kalau diperlukan," kata Anies.

Anies menuturkan tim pertama yang berangkat akan ditempatkan di Riau. Nantinya, tim tersebut akan mengikuti arahan dari BNPB."Ini tim pertama yang kita berangkatkan, tapi kita siap mengirim lebih banyak (satgas) karena secara kesiapan, kita siap untuk bertugas di sana," ujar Anies.

Selain Riau, tim satgas juga akan dibagi ke daerah lainnya. Anies mengatakan tim dari DKI Jakarta akan siap bertugad bagi warga yang terkena bencana asap. "Kemungkinan besar yang berangkat pertama ini ke Riau. Kemudian, bukan tidak mungkin sebagian akan dikirimkan ke Kalimantan Tengah," tutur Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo mengatakan 65 berasal berbagai macam instansi.
"Mereka akan bertugas selama 10 hari," kata Subejo.


Rapat Terbatas Bahas Karhutla, Jokowi: Kita Lalai Lagi:

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/aan)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com