detikNews
Senin 16 September 2019, 21:08 WIB

5 Amalan Sebelum Tidur Menurut Rasulullah yang Patut Dicontoh

Lusiana Mustinda - detikNews
5 Amalan Sebelum Tidur Menurut Rasulullah yang Patut Dicontoh Amalan Sebelum Tidur Menurut Rasulullah. Foto: iStock
Jakarta - Ada beberapa amalan yang dilakukan Rasulullah sebelum tidur agar selalu dilindungi Allah SWT dan Malaikat. Apa saja amalannya?

Allah SWT menciptakan malam sebagai waktu istirahat bagi semua makhluk-Nya. Melalui tidur, kita dapat melepaskan penat setelah seharian beraktivitas. Akan tetapi, di saat kita tidur bisa saja terjadi gangguan setan. Itulah sebabnya mengapa Rasulullah menganjurkan kita untuk berdoa sebelum tidur.

Tidak hanya berdoa, berikut ini beberapa amalan sebelum tidur dari Rasulullah SAW yang dapat menjaga kita dari gangguan setan:

1. Berwudhu

Pesan nabi sebelum tidur adalah selalu memposisikan diri dalam keadaan suci. Tidur tanpa wudhu akan sangat mudah diganggu oleh jin dan setan.

Oleh karena itu, ketika hendak tidur jangan lupa untuk berwudhu sebagaimana hadist tentang amalan sebelum tidur:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan salat." (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)


2. Membaca Doa

Tidur dan bangun adalah hal yang sangat penting karena ini jadi akhir dan awal aktivitas kehidupan. Kematian dapat menghampiri kita kapan saja, termasuk saat tidur.

Dalam sabda Rasulullah:

"Apabila nabi shallallahu 'alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan doa: 'Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).' Dan apabila bangun tidur, Beliau mengucapkan: "Alhamdulillahilladzii ahyaana ba'da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali)." (HR. Bukhari no. 6324).

3. Membaca Surat Pendek

Amalan sebelum tidur Rasulullah adalah membaca surat pendek seperti al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Ketiga surat ini tak pernah lupa diucapkan oleh Rasulullah sebelum tidur.

Dari Aisyah radhiallahu anhu berkata: "Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

Amalan ke-4...


4. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Rasulullah menjelaskan posisi tidur yang tepat yakni, berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu. Rasulullah juga melarang kita untuk tidur tengkurap.

Selain itu, pesan nabi sebelum tidur adalah dengan membersihkan tempat tidur kita terlebih dulu.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya...". Pada hadist lain disebutkan kibasannya tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Segera Tidur Setelah Salat Isya

Rasulullah menyarankan kita untuk tidur segera setelah salat Isya. Tapi, jika ada hal yang lebih bermanfaat setelah Isya boleh dilakukan dan menunda tidur agak malam.

Akan tetapi ada hadist yang menyatakan bahwa, "Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'allaihi wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya." (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235))

Sunnah Rasul menjelang tidur ini tentu memudahkan kita untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan salat tahajud di sepertiga malam.





(lus/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com