detikNews
Senin 16 September 2019, 14:10 WIB

Kata Anies soal Penerapan Ingub Kualitas Udara yang Sudah Berjalan 1 Bulan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kata Anies soal Penerapan Ingub Kualitas Udara yang Sudah Berjalan 1 Bulan Anies Baswedan (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Sudah satu bulan Ingub DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara keluar. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum bisa menyampaikan evaluasi secara keseluruhan selama satu bulan.

"Yang terkait dengan misalnya lingkungan hidup, mereka sudah melakukan evaluasi atas cerobong-cerobong asap contohnya. Kemudian tempat-tempat yang tidak punya alat ukur dipasangi alat ukur. Nanti komprehensifnya akan kita berikan, tapi saya rasa tak cukup hanya satu bulan, kita akan berikan triwulanan," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (16/9/2019).


Anies menyebut setiap hari ada laporan soal perkembangan data kualitas udara.



Namun Anies mengatakan akan melaporkannya secara berkala. Data itu dikumpulkan setiap hari.

"Datanya. Kalau data dikumpulkan tiap hari seperti data lalu lintas dikumpulkan tiap hari, kemudian udara tiap hari. Nanti kita laporkan berkala," ucap Anies.


Seperti diketahui, Ingub 66 tersebut dikeluarkan Anies pada 1 Agustus 2019. Dalam Ingub tersebut, terdapat tujuh inisiatif untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

Tujuh inisiatif itu seperti pengetatan uji emisi, perluasan rute ganjil-genap, peningkatan tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal, hingga mendorong penggunaan transportasi umum. Selain itu, ada pengetatan aturan terhadap pabrik, penghijauan di sarana publik, dan penggunaan energi ramah lingkungan. Kebijakan yang sudah ditetapkan antara lain perluasan rute ganjil-genap.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com