detikNews
Minggu 15 September 2019, 11:58 WIB

Kata Xanana Gusmao soal Video Cium Kening BJ Habibie yang Viral

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kata Xanana Gusmao soal Video Cium Kening BJ Habibie yang Viral Xanana Gusmao ziarah ke makam Habibie (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Video mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, mencium kening Presiden ke-3 RI, BJ Habibie semasa hidup sempat viral setelah Habibie meninggal. Apa kata Xanana?

"Saya percaya terkadang faktanya lebih banyak menjelaskan dibandingkan kata-kata. Saya yakin saya tidak perlu menjelaskan yang terjadi," kata Xanana saat berziarah ke makam Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).



Xanana enggan menjelaskan detail perbincangannya dengan BJ Habibie yang terekam dalam video tersebut. Dia membiarkan masyarakat menilainya makna video itu.

"Faktanya berbicara lebih banyak dibandingkan kata kata. Saya tidak perlu menjelaskan, perkataan saya tidak relevan. Kalau kamu menilai itu adalah hubungan yang kuat dan dalam antara saya dan Pak Habibie, memang itu," ujarnya.

Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie / Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie / Foto: Grandyos Zafna



Hal tersebut Xanana sampaikan ketika berziarah ke pusara BJ Habibie pagi tadi yang ditemani oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos. Dia juga disambut oleh mahasiswa Timor Leste yang berkuliah di wilayah Jabodetabek. Menurutnya, ini bentuk penghormatan pemuda Timor Leste kepada BJ Habibie.

"Saya tidak membawa (mahasiswa). Menurut saya hanya 3 orang yang bisa masuk. Mereka (mahasiswa) yang datang. Datang untuk memberi juga pesan bahwa dari dulu anak Timor Leste belajar di sini," ucap Xanana.



Ada sekitar 70 mahasiswa Timor Leste yang menyambut kehadiran Xanana di TMPNU Kalibata. Di TMPNU dia juga disambut oleh Ilham Akbar Habibie, putra BJ Habibie, yang kemudian bersama-sama menaburkan bunga di makam BJ Habibie, Ainun Habibie, hingga Ani Yudhoyono.

Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie / Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie / Foto: Grandyos Zafna


Sebelumnya, video Xanana menjenguk dan mencium kening BJ Habibie saat masih hidup viral di media sosial. Momen itu terjadi di rumah sakit pada Agustus 2019. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com