detikNews
Minggu 15 September 2019, 07:22 WIB

Lepas Lomba Jakarta Kizuna Ekiden, Anies Harap Hubungan RI-Jepang Kian Erat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Lepas Lomba Jakarta Kizuna Ekiden, Anies Harap Hubungan RI-Jepang Kian Erat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas peserta lomba lari Jakarta Kizuna Ekiden di GBK. (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Akan Baswedan melepas lomba lari Jakarta Kizuna Ekiden 2019. Anies berharap acara ini semakin mempererat persahabatan Indonesia-Jepang.

Anies Baswedan ditemani oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, di acara tersebut. Anies bersama dengan Masafumi mengangkat bendera tanda acara di mulai.

Dalam sambutannya, Anies ingin agar banyak acara yang mempererat hubungan Indonesia-Jepang. Seperti acara kebudayaan Jepang yang digelar beberapa waktu lalu.

"Saya ingin sampaikan apresiasi dan ini jadi penanda hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. Dan kebetulan pekan lalu, Jakarta Jepang Festival minggu lalu kita selenggarakan di sini sebagai bagian dari menjaga hubungan antar dua bangsa hari ini," ucap Anies dalam sambutannya, di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).


Kizuna Ekiden adalah lari maraton dengan sistem estafet ala Jepang. Tongkat estafet diganti dengan tali.

Jakarta Kizuna Ekiden sudah dilaksanakan sejak 2014. Satu tim beranggotakan empat orang. Anggotanya harus campuran antara warga negara Indonesia, dan Jepang.

Sistem estafet ini membuat terjadi kerja sama antara Jepang dan Indonesia. Sehingga, menjadi simbol kerja sama dan persaudaraan antara Jepang dengan Indonesia.

"Insyaallah namanya saja estafet, artinya kerja kelompok. Dan harapannya nanti memperkuat persaudaraan antara Jepang dan Indonesia," kata Anies.


Simak juga video "Akhir Pekan Bareng Anak Yatim, Anies Singgung Ketimpangan di Jakarta" :

[Gambas:Video 20detik]


(aik/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com