detikNews
Jumat 13 September 2019, 21:47 WIB

Tonton Lenong di Balai Kota, Anies Ingatkan Pengembangan Budaya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Tonton Lenong di Balai Kota, Anies Ingatkan Pengembangan Budaya Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menonton pertunjukan lenong di Balai Kota DKI Jakarta. (Arief-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menonton pertunjukan lenong di Balai Kota DKI Jakarta. Anies berharap pertunjukan ini lebih banyak digelar di Jakarta.

Pertunjukan lenong diselenggarakan oleh Bang Japar. Terlihat Fahira Idris sebagai Ketua Umum Bang Japar sekaligus Ketua DPD terpilih menemani Anies.

Lenong dengan judul Ikhlas digelar di lapangan Gedung G kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Pertunjukan lenong menarik masyarakat untuk menonton.


Lenong menjadi kesenian teater tradisional dengan selipan lawak. Beberapa kali Anies melepaskan tawa saat menonton.

Anies menyebut banyak sanggar kesenian lenong di Jakarta. Kesenian asli Jakarta itu harus terus rutin digelar.

"Jadi malam hari ini menjadi babak baru dan kita ingin lakukan ini harapannya nanti rutin. Ada banyak sekali sanggar lenong di Jakarta," ucap Anies.


Anies tak ingin lenong hanya dilestarikan. Jika hanya dilestarikan, maka lenong hanya sekedar hidup.

"Kita nanti berharap ini tumbuh berkembang dan kami semua ingin agar budaya kita bukan hanya dilestarikan, budaya kita harus dikembangkan, karena hanya dilestarikan dia bagian dari masa lalu yang dirawat. Yang harus kita lakukan adalah mengembangkan kebudayaan mengembangkan kesenian buat terobosan-terobosan," kata Anies.
(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com