Kesaksian Penjaga Makam Lihat Cinta Habibie ke Ainun: Tak Pernah Lupa Ziarah

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Jumat, 13 Sep 2019 14:44 WIB
Makam Habibie-Ainun dipenuhi bunga. (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Kecintaan Presiden RI ke-3 BJ Habibie terhadap istrinya, Ainun, ditampakkan dengan rutinnya ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal, Habibie selalu rutin berziarah ke makam Ainun, tak pernah surut meski cuaca panas atau hujan.

Salah satu penjaga makam, Joko Santoso, melihat Habibe terakhir kalinya berziarah pada Juli lalu, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Joko menyaksikan Habibie rutin berziarah ke Ainun.

"Waktu pemakaman Bu Ainun, hampir tiap hari loh, selama 100 hari pertama dari awal pemakaman Bu Ainun. Walau panas, hujan, pasti beliau datang," kata Joko di lokasi, Jumat (13/9/2019).

Kesaksian Penjaga Makam Lihat Cinta Habibie ke Ainun: Tak Pernah Lupa ZiarahJoko Santoso, penjaga makam di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (Jefrie/detikcom)

Joko mengaku ikut memayungi Habibie saat sedang berziarah ke makam Ainun. Habibie, menurut Joko, tidak pernah lupa berkunjung ke makam Ainun setiap minggunya.

"Alhamdulillah kan saya sering payungin juga kalau hujan. Kadang pakai sepatu bot. Sepatu bot kan basah. (Sepatu bot dibawa) dari kediaman (BJ Habibie)," sebut Joko.




Dia juga kagum dengan salah satu kalimat yang sempat dia dengar terucap dari mulut BJ Habibie saat berziarah di makam Ainun. Kalimat itu diingat Joko hingga sekarang.

"Bahkan sempat dalam arti terjemahannya doa tuh kalau nggak salah kata-katanya yang terakhir tuh, 'sementara ini nggak bisa ketemu, tapi yakin bakal menyatu lagi', itu terakhir beliau," ucap Joko sambil tersenyum.


Momen lain yang diingat Joko adalah saat BJ Habibie berziarah ke makam Ainun bersama dengan cucu-cucunya. Saat itu BJ Habibie bertanya mengenai keberadaan Ainun kepada cucunya. Kemudian cucunya menjawab, 'Eyang putri ada di Surganya Allah'.

"Waktu putrinya Bu Widya tuh waktu ziarah bareng sama cucunya (BJ Habibie). Cucunya ditanya abis menabur bunga, namanya lupa saya. 'Eyang Putri ada di mana?' (kata BJ Habibie). Terus jawaban cucunya, 'iya Eyang putri lagi di alam surganya Allah'. Bener itu, kata-kata cucunya terakhir 'lagi di alam surganya Allah'. Saya langsung (terteguk). Kebetulan saya di makam, lagi beresin ember-ember, bangku," ucapnya dengan wajah yang sendu.

Joko mengatakan BJ Habibie rutin berziarah ke makam mendiang istrinya itu. Dia mengatakan setiap hari Jumat, Presiden RI ke-3 yang mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9/2019) lalu itu selalu mendatangi makam sang istri sambil membacakan doa di depan pusara mendiang istrinya tersebut.

"Biasanya sih Mas berkunjung ziarah seminggu sekali setiap hari Jumat, pagi. Dari kediaman jam 07.15 sampai sini jam 08.00 WIB. Kurang lebih baca doa Yasin, tahlil, 30 menit," kata Joko.


Sejak pagi hingga siang ini, masih terlihat beberapa masyarakat yang berziarah ke makam BJ Habibie. Mereka memanjatkan doa di samping pusara BJ Habibie dan pusara istrinya, Ainun, yang berada tepat di sebelah pusara Presiden RI ke-3 tersebut.


Simak Video "Tetes Air Mata Warga di Monumen Cinta Habibie-Ainun"

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/fdu)