detikNews
Jumat 13 September 2019, 14:04 WIB

Firli Jadi Ketua KPK, Aktivis Antikorupsi: Rawan Conflict of Interest!

Agus Setyadi - detikNews
Firli Jadi Ketua KPK, Aktivis Antikorupsi: Rawan Conflict of Interest! Foto: Firli Bahuri (Lamhot Aritonang/detikcom)
Banda Aceh - Komisi III DPR RI memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Aktivis antikorupsi di Aceh menilai terpilihnya jenderal bintang dua itu dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik kepentingan dalam penegakan hukum di KPK.

"Yang ditakutkan oleh publik, karena yang menjadi ketua adalah mantan polisi maka dipastikan penegakan hukum ke depan sangat mudah dirasuki conflict of interest," kata Koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Askhalani kepada wartawan, Jumat (13/9/2019).


Menurutnya, pilihan terhadap komisioner periode ini akan semakin membuat KPK sulit. Menurutnya, ke depan KPK akan banyak menghabiskan waktu untuk pencegahan semata.

"Pertama dalam sejarah bahwa dalam pemilihan seseorang dipilih dan dukungan sepenuhnya dari anggota Komisi III. Ini semakin menunjukkan bahwa KPK ke depan akan mengalami perubahan dan dapat diduga KPK sekarang tidak akan lebih baik dari sebelumnya," jelas Askhalani.



Askhalani menyebut komisioner yang sudah diterima DPR mau tidak mau harus diterima oleh masyarakat. Namun pilihan terakhir yang menjadi alternatif, yaitu dengan mengawasi kerja-kerja komisioner baru.

Saat ini, jelasnya, kerja-kerja KPK menjadi salah satu rekomendasi yang dipakai publik dalam mendorong gerakan antikorupsi.

"Jika lembaga KPK berubah bentuk maka patron antikorupsi di Indonesia juga akan mengalami perubahan dan kemunduran," jelasnya.


"Bagi kami, terpilih pihak yang diduga sebelumnya melanggar etika, maka akan membuat gerakan antikorupsi akan mulai menurun kelak. Salah satu penyebabnya karena kepercayaan publik kepada komisioner terpilih tidak seperti komisioner sebelumnya," bebernya.

Seperti diketahui, Komisi III DPR memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Hal ini telah disepakati dalam musyawarah Komisi III.

"Seluruh perwakilan fraksi-fraksi menyepakati untuk menjabat pimpinan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai Ketua adalah Saudara Firli Bahuri," kata pimpinan rapat Komisi III Azis Syamsudin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, wakil ketua diisi empat pimpinan KPK lainnya, yaitu Lili Pintauli, Nawawi, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata.
(agse/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com