detikNews
Kamis 12 September 2019, 16:50 WIB

Saat Warga Antre Kirim Doa dan Foto-foto di Makam Habibie-Ainun

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Saat Warga Antre Kirim Doa dan Foto-foto di Makam Habibie-Ainun Warga mengirim doa dan berfoto-foto di makam Habibie. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Jenazah presiden ke-3 RI BJ Habibie sudah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan. Hingga sore hari, masih banyak warga yang antre untuk mengirim doa di pusara Habibie.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 16.20 WIB, Kamis (12/9/2019), terlihat warga antre untuk mendekat ke makam BJ Habibie. Warga juga tampak berfoto-foto di batu nisan makam BJ Habibie. Ada juga warga yang berfoto di makam mendiang istri Habibie, Ainun, yang posisinya persis di sebelah makam Habibie.



Warga terlihat bergantian mengambil foto. Bahkan mereka saling membantu untuk mengabadikan momen di pusara Habibie-Ainun.

"Gantian dulu yuk fotonya. Sabar dulu yang belum ya," kata salah satu warga yang berada di sekitar pusara tersebut.

Masyarakat terlihat tersenyum sambil memegangi batu nisan kedua tokoh tersebut. Sesekali mereka mengangkat kedua tangan sambil mendoakan mendiang Habibie dan Ainun.



Makam BJ Habibie terlihat masih dipenuhi taburan bunga. Wangi taburan bunga juga tercium di sekitar pusara Habibie dan Ainun.

Linda, salah seorang warga, rela antre berdoa karena mengidolakan BJ Habibie sejak kecil. Dia bahkan sempat mencium batu nisan makam Habibie.

"Habibie itu idola saya dari kecil. Saya rasa ya semua angkatan saya waktu kecil pasti mengidolakan Habibie. Orangnya pinter, bisa bikin pesawat, dan baik hati, dan orangnya sangat jujur."

"Saya belum pernah ke sini. Saya dengar ini dibuka untuk umum. Jadi ya kesempatanlah saya bisa melihat. Kayaknya nggak ada lagilah yang kayak Habibie," ujarnya.

BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pukul 18.05 WIB. Pemerintah juga mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari.
(idn/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com