Area TMP Kalibata Ditutup Jelang Pemakaman Habibie Pukul 12.00 WIB

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 12 Sep 2019 11:55 WIB
Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Polisi akan menutup arus lalu lintas di kawasan sekitar Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, menjelang pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Arus lalu lintas ditutup mulai pukul 12.00 WIB.

"Tadi rencana (penutupan) pukul 11.00-11.30 WIB, tapi kita mundurin lagi. Pukul 12.00 WIB kita akan tutup total," kata Kasatlantas Wilayah Jakarta Selatan Kompol Lilik Sumardi kepada detikcom di Jalan Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Lilik mengatakan lalu lintas dari arah timur atau flyover Rawajati menuju Jalan Pahlawan akan ditutup. Kendaraan diarahkan putar balik ke arah TL Jambul.

Sedangkan kendaraan dari arah barat atau Pancoran yang mengarah ke Jalan Pahlawan diluruskan ke Jalan Raya Pasar Minggu. Begitu juga dengan kendaraan dari arah Pasar Minggu, diluruskan ke arah Pancoran.

"Apabila rangkaian jenazah sudah masuk kemari dan rangkaian kebesaran sudah masuk kemari, ini jalan kita tutup," imbuhnya.









Lilik mengatakan penutupan dilakukan satu jam sebelum dan satu jam setelah prosesi pemakaman. Prosesi pemakaman sendiri dijadwalkan pada pukul 13.00 WIB.

"Selama proses pemakaman, maju-mundur 1 jam, sampai selesai kira-kira keluarga sudah pulang semua, (jalan) kita akan buka, walau jemaah masih banyak melayat, itu kita buka," tuturnya.

Sementara itu, pantauan detikcom di Jalan Pahlawan, arus lalu lintas siang ini mulai padat. Kendaraan dari arah Jalan Dewi Sartika ke Jalan Raya Pasar Minggu di Jalan Pahwalan sedikit tersendat.

(mea/mea)