Pesan Anak Habibie ke Penjenguk: Mohon Dimengerti, Bapak Perlu Istirahat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 19:13 WIB
Jumpa pers tentang kondisi BJ Habibie. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, saat ini dalam kondisi stabil dan tidak kritis. Hanya, Habibie butuh banyak istirahat karena selama ini banyak aktivitas.

"Bapak saya sejak muda punya masalah dengan jantung. Karena menua, jantungnya sangat melemah. Dengan aktivitas tinggi tanpa istirahat, badannya memberontak karena badan minta istirahat," kata putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, dalam jumpa pers di RSPAD Gatot Soebroto, Selasa (10/9/2019).



Oleh sebab itu, keluarga membawa Habibie ke rumah sakit. Jika tetap di rumah, Habibie kerap didatangi dan dijenguk sehingga tak bisa beristirahat.

"Karena kalau di rumah, siapa pun pasti akan datang menjenguk. Sedangkan menjenguk itu membuat bapak beraktivitas lagi, tidak ada waktu beliau istirahat," ucapnya.

"Padahal beliau, mohon benar-benar dimengerti, kecuali penting, mohon doanya saja. Usahakan doakan saja," sambung Thareq.



Saat ini, Habibie dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto. Tujuannya agar dia benar-benar beristirahat. Thareq mengatakan keluarga yang bisa masuk ICU pun dibatasi, yaitu hanya anak, cucu, serta kakak-adik.

"Dikasih obat sebanyak mungkin, kalau tidak dikasih istirahat, tidak ada guna," tegasnya.


BJ Habibie / BJ Habibie (Lamhot Aritonang/detikcom)


Setelah nanti Habibie kembali ke rumah, penjenguk juga tetap akan dibatasi. Semua itu demi kesehatan Habibie.

"Kalau sudah sembuh, pulang ke Kuningan pun harus kita batasi siapa yang akan menjenguk," ucapnya. (imk/fjp)