Pesan KPK ke Jokowi: Pembangunan Tak Tercapai Jika Masih Digerogoti Korupsi

Dhani Irawan - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 13:32 WIB
Ilustrasi (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum menyampaikan secara terang tentang sikapnya terhadap usulan DPR yang ingin merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Jokowi pun diminta benar-benar memikirkan masa depan KPK apabila revisi itu digolkan.

Hingga pukul 13.00 WIB pada hari ini, Selasa (10/9/2019), tercatat sudah 1.882 dosen dari 33 universitas di seluruh Indonesia yang menyatakan dukungan menolak revisi UU KPK. Perwakilan para akademisi tersebut, Rimawan Pradiptyo yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi UGM, menyatakan dukungan itu akan terus bertambah.




"Upaya juga bagi kami memberikan masukan terutama kepada Bapak Presiden," kata Rimawan saat dihubungi.

Dalam keterangan persnya, Rimawan menyampaikan bila revisi UU KPK itu akan berdampak pada kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi. Hal itu disebutnya akan berdampak pula pada pembangunan.

"Banyak pekerjaan besar yang harus dilakukan di masa kepemimpinan Bapak Presiden saat ini. Semua niat baik untuk kesejahteraan, pembangunan, dan pertumbuhan ekonomi tersebut nyaris tidak akan tercapai jika bangsa ini masih digerogoti korupsi," sebutnya.




Pesan itu turut disepakati KPK melalui Kabiro Humasnya, Febri Diansyah. Dia berharap Jokowi dapat melihat dan mempertimbangkan masukan dari banyak pihak sebelum menentukan keputusan terkait revisi UU KPK itu.

"Pernyataan dan permintaan dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari puluhan Guru Besar, ribuan dosen di berbagai universitas, pemuka agama hingga masyarakat sipil juga perlu menjadi pertimbangan. Penolakan publik atas revisi UU KPK tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dari yang kita baca bersama, jika revisi terjadi yang mengandung poin-poin seperti yang dibahas akhir-akhir ini, maka bukan tidak mungkin KPK akan lumpuh dan kemudian mati," kata Febri.



Tonton video Capim Firli soal Revisi UU KPK: Tak Ada Upaya Pelemahan KPK:

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/fjp)