detikNews
2019/09/10 08:19:50 WIB

Anggota DPRD Banten Gadai SK, Komisi II DPR: Tutup Utang Kampanye?

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
Anggota DPRD Banten Gadai SK, Komisi II DPR: Tutup Utang Kampanye? Foto: Mardani Ali Sera (Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mempertanyakan alasan sejumlah anggota DPRD Banten menggadaikan surat keputusan (SK) demi kredit ke perbankan. Mardani menilai hal tersebut merupakan fenomena yang harus dikaji.

"Fenomena ini mesti dikaji apa sebabnya. Apa karena menutup hutang kampanye atau karena menyesuaikan penampilan karena sudah terpilih," kata Mardani kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

"Bagaimanapun, utang bukan sesuatu yang dianjurkan. Kecuali menjaga prinsip tidak besar pasak daripada tiang," imbuhnya.




Selain perlu pengkajian, Mardani juga meminta masing-masing partai mengontrol para kadernya yang menggadaikan SK. Politikus PKS itu khawatir jika tidak dikontrol akan ada imbas buruk

"Pimpinan partai perlu mengontrol dan menjaga ekses dari fenomena ini. Khawatirnya gadai SK membuat banyak caleg berani untuk menerima uang yang tidak jelas," ucap Mardani.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com