detikNews
Senin 09 September 2019, 20:05 WIB

Round-Up

Sedihnya Bupati Iti pada Pemerkosaan Keji Gadis Baduy

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Sedihnya Bupati Iti pada Pemerkosaan Keji Gadis Baduy Bupati Lebak Iti Jayabaya
Serang - Gadis Baduy berusia 13 tahun dibunuh dan diperkosa tiga orang pria. Kasus ini membuat Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengaku prihatin dan sedih atas peristiwa pembunuhan dan pemerkosaan di Baduy.

Peristiwa pembunuhan dan pemerkosaan remaja gadis Baduy berusia 13 tahun ini terjadi pada Jumat (30/8). Peristiwa ini terjadi di sebuah gubuk di ladang perkebunan di Cisimeut, Lebak.

Diketahui, ketiga pelaku telah mengintai korban selama satu bulan. Seorang pelaku sempat berpura-pura menawarkan handphone saat korban sedang berada di ladang di Cisimeut, Lebak. Ketiga pelaku adalah AMS alias E (20), F (19), dan A (16).




Pemantauan oleh pelaku juga sudah dilakukan kurang-lebih 1 bulan terhadap korban. Pelaku sempat berkali-kali datang ke saung korban untuk menawarkan handphone. Dari situ, pelaku melihat situasi sebelum melakukan kejahatan.

Bupati Iti pun sedih mendengar kasus ini. Iti juga prihatin karena, dari tiga pelaku pembunuhan dan pemerkosaan warga Baduy Luar itu, ada pelaku yang di bawah umur. Ia menekankan perlunya pendidikan keagamaan di tingkat keluarga.




"Saya cukup sedih dan prihatin karena sekarang kriminalitas tidak bisa diprediksi," kata Iti kepada wartawan di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (9/9/2019).



Ia juga menekankan wilayah Baduy dikelilingi perkebunan dan hutan yang dinilai rawan terjadi kriminalitas. Makanya, perlu ada kesadaran dari seluruh masyarakat untuk menjaga wilayah Baduy secara bersama-sama.

"Seluruh stakeholder dan masyarakat, terutama kalau punya pendidikan agama kuat, dia memiliki adab yang baik," ujar Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir.



Dia mengatakan fenomena pembunuhan di Banten semakin mengerikan. Bahkan salah satu pembunuh dan pemerkosa gadis Baduy merupakan pelajar kelas II SMA di Kabupaten Lebak dan berusia 16 tahun.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com