detikNews
2019/09/09 19:47:22 WIB

Polisi Dalami Kaitan 2 Dalang Rusuh Papua dengan Benny Wenda

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Dalami Kaitan 2 Dalang Rusuh Papua dengan Benny Wenda Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Jefri/detikcom)
Jakarta - Polisi menetapkan Ferry Kombo dan Alexander Gobay sebagai tersangka dalang kerusuhan di Papua. Polisi kini mendalami kaitan keduanya dengan tokoh separatis Papua Benny Wenda.

"Keterkaitannya ada, jaringan komunikasi itu ada, tentunya nanti. Kita masih dalami dulu. Kalau untuk dua tersangka yang baru diamankan kemarin, didalami dulu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019).



Polisi juga mengejar tokoh-tokoh dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Tokoh yang sedang dikejar itu diduga sebagai perantara Benny Wenda dengan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

"Penyidik masih melakukan pengejaran terhadap beberapa tokoh KNPB yang diduga langsung terkoneksi dengan BW, kemudian langsung memerintahkan dengan memanfaatkan AMP untuk melakukan mobilisasi, kemudian menyiapkan desain untuk kerusakan, kemudian melakukan provokasi langsung di lapangan," ujar Dedi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com