detikNews
2019/09/09 15:33:10 WIB

Solidaritas Aktivis Adukan Penetapan Tersangka Veronica Koman ke Komnas HAM

Rolando - detikNews
Halaman 1 dari 2
Solidaritas Aktivis Adukan Penetapan Tersangka Veronica Koman ke Komnas HAM Foto: Rolando/detikcom
Jakarta - Sejumlah lembaga bantuan hukum dan LSM yang tergabung dalam Solidaritas Aktivis Pembela HAM mengadu ke Komnas HAM. Pengaduan tersebut terkait dengan penetapan tersangka terhadap advokat Veronica Koman.

"Jadi kami datang ke sini intinya ingin mengadukan, memohon adanya perlindungan HAM terhadap pembela hak asasi manusia, khususnya teman kami, Veronica Koman," ujar salah seorang pengadu, Tigor Hutapea, di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).


Tigor datang bersama LBH Pers, Safenet, LBH Jakarta, YLBHI, ada Yayasan Satu Keadilan, LBH Apik, dan Perlindungan Insani. Selain itu, turut hadir dua orang perwakilan mahasiswa Papua dari Surabaya yang merupakan klien dari Veronica Koman.

Tigor membacakan surat yang selanjutnya diserahkan kepada Komnas HAM. Menurut Tigor, penetapan tersangka Veronica Koman oleh Polda Jawa Timur sebagai ancaman bagi pembela HAM.

"Jadi, pada tanggal 6 September 2019, Kapolda Jawa Timur mengumumkan telah menetapkan pembela hak asasi manusia Veronica Koman sebagai tersangka yang menyiarkan berita bohong di media sosial. Kami menilai tindakan kepolisian ini sebagai ancaman bagi pembela hak asasi manusia," ujar Tigor.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com