Desmond Cerita Seleksi Capim KPK, Ngaku Pernah Dilobi Saut Situmorang

Tsarina Maharani - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 11:39 WIB
DOK.detikcom/Foto: Desmond J Mahesa. (Foto: Andhika Prasetia).
Jakarta - Wakil Ketua Komisi III F-Gerindra, Desmond J Mahesa, bercerita soal lobi-lobi dalam proses seleksi calon pimpinan KPK. Dia mengaku pernah dilobi Saut Situmorang yang kini menjabat wakil ketua KPK.

Desmond awalnya menuturkan lobi-lobi merupakan hal yang biasa terjadi dalam tiap proses seleksi. Menurutnya, para komisioner KPK yang hari ini menjabat pernah melobi anggota DPR, termasuk dirinya.

"Banyak tuh, masa saya sebut orang yang lobi saya? Komisioner hari ini komisioner yang lalu semasa saya DPR minta tolong sama saya, saya tolong-tolong saja," kata Desmond di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019).




Desmond mengaku punya bukti. Desmond kemudian menyebut-nyebut nama Saut. Namun, Desmond menegaskan tidak ada kesepakatan atau perjanjian tertentu dengan Saut dari lobi-lobi tersebut.

"Kalau kurang yakin tanya Saut ya. Saut lobi saya. Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga nggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Tanya Saut," tuturnya.





Menurut Desmond, lobi-lobi dalam rangka silaturahmi boleh dilakukan. Ia mengatakan lobi-lobi menjadi salah jika ada perjanjian tertentu.

"Lobi-lobi dalam rangka silaturahmi nggak masalah. Lobi yang ada deal-nya ada masalah. Pengalaman hari ini, yang lobi yang ada deal-nya pun tipu-tipu," kata Desmond.

Tipu-tipu seperti apa yang dimaksud Desmond?

"Yang sudah dalam forum capim di-proper ke depan akan melakukan kritik. Setiap orang yang di-proper di Komisi III selalu mengkritik kelemahan KPK, tapi sesudah di dalam apa yang terjadi? Mereka tidak mau mengubah. Ini kan suatu kebohongan sejak awal. Jadi ini lucu-lucuan saja jadinya," ujarnya. (tsa/fdn)