detikNews
2019/09/09 08:22:59 WIB

Cerita KBRI Riyadh Temukan WNI Hilang Kontak Selama 31 Tahun

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita KBRI Riyadh Temukan WNI Hilang Kontak Selama 31 Tahun Foto: Carmi dan Eneng (Dok. KBRI Riyadh)
Jakarta - Tim Perlindungan KBRI Riyadh menemukan Carmi binti Ilyas, WNI asal Cirebon yang dikabarkan hilang kontak. Carmi bahkan hilang kontak selama 31 tahun lamanya.

Berdasarkan keterangan resmi, Senin (9/9/2019), tim KBRI Riyadh bekerja sama dengan aparat keamanan di Provinsi Gasem berhasil menemukan Carmi di kawasan al-Ammar, berjarak 400 km dari Riyadh. Saat ini, Carmi telah berada di Rumah Singgah 'Ruhama' (Rumah Harapan Mandiri) KBRI Riyadh dan kondisi psikologisnya belum stabil. Selain itu, Carmi masih sulit berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, hanya bisa berbicara bahasa Arab Amiyah dan Jawa Cirebonan.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, ketika bertemu Carmi harus berkomunikasi dengan bahasa Arab untuk mengorek tentang identitas dan latar belakang hilangnya Carmi selama 31 tahun. Selain Carmi, Tim Perlindungan WNI KBRI Riyadh juga berhasil menemukan Sarni binti Ama Jasman asal Lombok yang juga tak pulang puluhan tahun.


Sementara, Eneng Mirawati binti ACU juga ditemukan tim KBRI di kota Khafji, 530 km arah timur Riyadh. Penemuan Eneng bermula dari laporan suami Eneng, Erwin Sudiawan ke Facebook Dubes Agus Maftuh Abegebriel.

Carmi, Eneng dan Sarni bersama dengan 200 lebih WNI penghuni Rumah Singgah yang terkena masalah sedang menunggu proses pemulangan ke Indonesia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com