Pemkot Banda Aceh Beri Kesempatan Seni Lokal se-Aceh Tampil di CFD

Akfa Nasrulhak - detikNews
Minggu, 08 Sep 2019 19:12 WIB
Foto: Dok. Pemkot Banda Aceh
Jakarta - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan, Car Free Day (CFD) yang digelar setiap Minggu pagi di Jl Tgk Daud Beureueh bukan hanya menjadi ajang promosi Banda Aceh, tapi segenap potensi kabupaten/kota se-Aceh. Semua potensi pariwisata, seni budaya hingga sektor unggulan Aceh dapat dikenal lewat CFD tersebut.

"Kami memberi kesempatan bagi semua kabupaten/kota di Aceh untuk tampil di sini," ujar Aminullah, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/9/2019).

"Jadi CFD ini ajang yang sangat bagus untuk mempromosikan potensi pariwisata, ekonomi, seni budaya, dan sektor-sektor unggulan Aceh lainnya agar semakin dikenal oleh masyarakat luas," tambahnya.



Aminullah menambahkan, pengunjung yang hadir di Banda Aceh CFD bukan hanya warga Banda Aceh saja, melainkan ada dari luar kota, bahkan provinsi.

"Tadi yang saya tahu ada yang hadir dari Pidie, Bireuen, bahkan dari luar Aceh," katanya.

Menurut Aminullah, CFD yang sudah menjadi bagian atau gaya hidup warga Banda Aceh juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari ajang silaturahmi, olahraga, hingga hiburan. Ajang ini juga menghidupkan komunitas dan UMKM.

"Setiap minggunya, ribuan pengunjung memadati area CFD, dan sesuai dengan teori ekonomi, semakin banyak orang dan aktivitas yang terjadi maka semakin besar perputaran uang yang terjadi. Dengan begitu, kesejahteraan warga kota pun akan ikut terdongkrak," pungkasnya.


Rangkaian acara Banda Aceh CFD minggu ini diawali dengan senam jantung sehat yang turut diikuti oleh Aminullah dan istri Nurmiaty AR. Hadir pula Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Sekda Bahagia, dan sejumlah Kepala SKPK Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu, Penampilan Guel tarian tradisional Gayo juga mampu menghipnotis ribuan pengunjung CFD. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan komunitas musik Gambus, dan sejumlah komunitas lainnya. (prf/ega)