detikNews
Minggu 08 September 2019, 19:04 WIB

Bunga Bangkai di Taman Konservasi Puspa Langka Bengkulu Sedang Mekar

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Bunga Bangkai di Taman Konservasi Puspa Langka Bengkulu Sedang Mekar Bunga bangkai di Taman Konservasi Puspa Langka, Bengkulu. (Dok. Istimewa)
Bengkulu - Tanaman langka Amorphophallus titanum becc atau bunga bangkai di Taman Konservasi Puspa Langka, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, sedang mekar. Mekarnya bunga ini menandai keberhasilan pembudidayaan tanaman tersebut.

Ketua Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan (LP2L2) Bengkulu, Holidin, menyebut bunga bangkai tersebut terlihat mekar hari ini. Menurutnya, tinggi bunga tersebut bisa mencapai 3 meter, sedangkan kelopaknya 135 sentimeter.

"Sudah sejak kemarin mekarnya. Ini masih akan mekar hingga dua hari ke depan," ucap Holidin kepada wartawan di Bengkulu, Minggu (8/9/2019).




Holidin menyatakan bunga yang sedang mekar ini merupakan hasil budi daya bagian dari kerja lembaga tersebut dalam pembudidayaan dan konservasi tanaman langka.

"Kami membudidayakannya di taman konservasi," kata Holidin.

Bunga bangkai raksasa Amorphophallus titanum becc merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Sudah beberapa kali bunga tersebut mekar di taman konservasi ini, terakhir kali pada Juli lalu.

Namun, tetap saja, setiap kali bunga itu mekar menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat dan pegiat bunga langka.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com