detikNews
Sabtu 07 September 2019, 03:44 WIB

Revitalisasi Trotoar di DKI, Ini Lokasi yang Jadi Fokus Bina Marga

Tim detikcom - detikNews
Revitalisasi Trotoar di DKI, Ini Lokasi yang Jadi Fokus Bina Marga Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan ada beberapa titik yang menjadi fokus revitalisasi fasilitas trotoar. Lokasi revitalisasi trotoar di antaranya Cikini Raya, Salemba, Kemang Raya, Dr Satrio, Latumenten, dan Yos Sudarso.

"Kami sedang revitalisasi trotoar. Untuk saat ini yang utamanya di lima titik yaitu Cikini Raya, Salemba-Kramat, Kemang Raya, Dr Satrio, Latumenten dan Yos Yudarso," kata Hari seperti dikutip Antara, Jumat (6/9/2019).

Hari mengatakan penataan trotoar dilakukan secara menyeluruh. Penataan tersebut meliputi penataan kabel hingga garis penunjuk bagi warga disabilitas.

"Semuanya kami buat complete stage. Apa itu? Sebagai jalan udah ideal. Jadi itu ada jalan, ada trotoar, ada guiding line, ada buffer amenities, kemudian ada saluran, jadi semuanya lengkap. Artinya kami juga menata kabel udara, masuk ke dalam," jelas Hari.


Terkait dengan penataan PKL sendiri, Hari mengatakan akan tetap mengutamakan pejalan kaki. Menurutnya, hanya trotoar tertentu yang bisa digunakan untuk berjualan.

"Kalau soal PKL, memang tidak boleh mengokupansi trotoar. Tapi bisa dilihat, trotoar yang ideal itu kan minimal 1,5 meter. Kalau minimal itu untuk trotoar ya fungsinya trotoar dan PKL tidak boleh. Tapi kalau trotoarnya enam meter, delapan meter dan ada space, kita kan juga ya memanusiakan juga," ucap Hari.


Dia juga meminta dinas terkait untuk mengedukasi PKL selama berjualan di trotoar. Hari menuturkan PKL perlu dibina agar ikut merawat kebersihan trotoar.

"Trotoar kami sudah pakai andesit-granit, ada yang stem konkret, tahu-tahu disiram kopi, bakso kan sayang. Saya juga sudah sampaikan pada Dinas UMKM dan Wali Kota tolong yang dibina loksem-loksem itu diberikan edukasi supaya nanti berubah. Kan dia kan jualan itu kan harus meningkatkan kualitas juga dengan mengubah diri," tuturnya.




Tonton video Anies: New York Punya Pengelolaan PKL Terbaik di Trotoar:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com