detikNews
2019/09/06 20:01:28 WIB

Round-Up

Polri Meraba Jaringan ISIS di Papua

Rivki - detikNews
Halaman 2 dari 2
Polri Meraba Jaringan ISIS di Papua Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo (Foto: Agung Pambudhy)


Meski telah berada di Papua sejak 2 tahun lalu, namun aktivitas ISIS di Papua baru terlihat dalam 1 tahun ini. Salah satu aktivitas ISIS yang terdeteksi Densus 88 adalah rencana pengeboman di Polres Manokwari.

"Ada 1 sudah dilakukan penegakan hukum oleh Densus 88, jaringan ini rencana akan melakukan pengeboman di Polres Manokwari tapi berhasil diamankan. Jadi ada di Jayapura, Wamena, Fakfak, Manokwari, Merauke, dan ada beberapa wilayah di situ sel-selnya memang dia masih melakukan rekrutmen," ujar Dedi.

Selain melakukan merekrut anggota di beberapa wilayah di Papua, ISIS juga terus berupaya menguasai wilayah dan melakukan amaliah dengan sasaran anggota Polri.

"Masih kita dalami terus (ISIS di Papua). Keterkaitannya dengan kerusuhan (Papua) tentunya masih didalami juga. Nanti dari Densus akan melihat apakah ada fakta hukum keterkaitannya dari beberapa jaringan ISIS di Papua maupun di Papua Barat terkait menyangkut masalah kerusuhan ini atau tidak," paparnya.



Dedi mengungkapkan jaringan ISIS di Papua tidak terkait dengan kelompok separatis Papua karena memiliki haluan yang berbeda. Dia juga menyebut ISIS yang berada di Papua merupakan jaringan JAD.

"Beda haluan (dengan organisasi separatis di Papua). (Jaringan) di sana JAD," tuturnya.
(rvk/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com