Banyak Pelanggar, Pemprov DKI Evaluasi Perda Pemilik Mobil Harus Punya Garasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 13:45 WIB
Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, akan mengevaluasi kebijakan pemilik mobil harus memiliki garasi. Peraturan yang tertuang dalam Perda nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi itu dinilai tidak berjalan.

"Untuk hal ini, tentu saya coba akan evaluasi kemudian kita akan coba sosialisasikan tentang tahapan ke depan seperti apa pelaksanaannya. Saya kaji lebih lanjut karena kan artinya setelah ada Perda itu, sampai sekarang belum jalan ini," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, saat dihubungi, Jumat (6/9/2019).



Menurut Syafrin, Dishub tidak bisa melakukan penindakan sendiri. Harus ada keterlibatan dari lembaga lainnya sehingga masyarakat menaati.

"Harus terintegrasi secara keseluruhan, harus ada kolaborasi Dinas Perhubungan, DPRD, ada pihak kecamatan, dan kelurahan ini semua akan coba kita bahas sehingga implementasi dari aturan tersebut ke depan bisa dilaksanakan," kata Syafrin.



Dihub telah mendapat laporan dari masyarakat tentang mobil yang tidak punya garasi. Mereka akan mendata lokasi-lokasi tersebut.

"Ada banyak laporan terkait dengan pemanfaatan jalan oleh warga yang tidak memiliki garasi. Saya sudah menginstruksikan kepada para Kasatpel untuk melakukan inventarisasi, kemudian kita akan coba bahas secara detail. Kita akan cari benang merahnya," kata Syafrin.

Selanjutnya
Halaman
1 2