detikNews
2019/09/05 17:03:45 WIB

Dirujuk Anies, Begini Rasio Trotoar dan Kios PKL di New York

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dirujuk Anies, Begini Rasio Trotoar dan Kios PKL di New York PKL di trotoar New York yang jadi rujukan Anies. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut New York, Amerika Serikat (AS), sebagai pengelola pedagang di trotoar terbaik. Di sana, ada aturan ketat terkait lebar kios dagangan dan jaraknya dengan trotoar.

Sebagaimana diketahui, Anies menyebut beberapa kota besar di dunia telah mengelola para pedagang kaki lima (PKL) dengan baik. New York, kata Anies, adalah salah satu kota yang sukses mengelola PKL dengan baik.


Pemaparan Anies ini disampaikan pada Rabu (4/9/2019) kemarin, saat menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA). Sebelumnya, diketahui bahwa MA telah menetapkan Pasal 25 ayat (1) Perda No 8/2007 tentang Ketertiban Umum yang dipakai Pemprov DKI untuk menutup Jalan Jatibaru Tanah Abang tak lagi memiliki kekuatan hukum tetap.

Selain itu, Anies menjelaskan, di seluruh dunia, fungsi sidewalk (trotoar) tak hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki, tetapi bisa pula difungsikan untuk berjualan. Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang membahas aturan tersebut.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com