Polisi Tegaskan Penangkapan Kivlan Zen Sudah Sesuai Prosedur

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 05 Sep 2019 15:58 WIB
Sidang Praperadilan Kivlan Zen, Kamis (5/9/2019), di PN Jaksel (Yulida/detikcom)
Jakarta - Polisi menyerahkan 21 bukti surat di sidang lanjutan praperadilan Istri Kivlan Zen, Dwitularsih Sukowati. Salah satu bukti, yakni surat penangkapan Kivlan Zen, sempat dipersoalkan pengacaranya, tapi hal itu dibantah oleh polisi.

Pengacara istri Kivlan, Tonin Tachta, awalnya mempersoalkan bukti surat penahanan polisi. Tonin menyoroti keaslian surat itu, menurutnya surat penahanan yang asli seharusnya berada di pihak kejaksaan karena pokok perkaranya sudah dilimpah.

"Saya tanya ini asli? Surat penangkapan kan cuma satu yang asli, lainnya salinan. Ini kan sudah dilimpahkan ke kejaksaan. Lalu aslinya di mana? Ini saya permasalahkan. Kalau itu salinan, saya terima. Karena kalau masih ada yang asli lagi di sini artinya yang asli banyak sekali," kata Tonin di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).


"Harusnya diambil dari berkas sana. Ini aslinya, itu yang benar hukumnya. Jadi harusnya yang asli tidak ada di sini. Ketika ditanya, dia marah. Jadi jangan begitu lah, kita hargai hukum," imbuhnya.

Awalnya sidang dimulai pada pukul 11.30 WIB, tetapi hakim memutuskan untuk menskors sidang karena pihak kepolisian mengaku akan menyampaikan bukti surat yang belum dibawa. Sidang pun kembali dibuka pada pukul 14.00 WIB, polisi menyampaikan ada 21 bukti surat.

Adapun beberapa bukti yang dibawa adalah bukti laporan polisi, sprindik tertanggal 21 Mei, tanda bukti pengiriman SPDP kepada tersangka atas nama Kivlan, surat penyitaan, surat penetapan tersangka. Serta surat penangkapan, penahanan, dan perpanjangan penahanan, bukti perkara sudah lengkap (P21), dan bukti lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2