Penganiaya yang Tarik Kerah dan 'Tanduk' Polisi di Nias Ditahan

Budi Warsito - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 23:31 WIB
Polisi yang dianiaya saat melerai keributan di Nias Selatan, Sumut/Foto: Dok. Istimewa
Nias Selatan -

Pelaku penganiayaan polisi, Daniel Fau (26), ditahan Di Mapolres Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara (Sumut). Daniel ditahan karena melakukan penganiayaan terhadap Kasubbag Humas Polres Nias Selatan Brigadir Dian Octo P. Tobing.

Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta mengatakan pelaku dibawa ke Mapolres Nisel setelah diamankan petugas Satpol PP dan Dishub yang berada di lokasi setelah melakukan penganiayan kepada Brigadir Dian Tobing.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku diancam pasal 351 KUHP (1) tentang penganiayaan," kata AKBP I Gede Nakti, Rabu (4/9/2019).

Terkait kasus penganiayaan ini, 2 orang saksi dimintai keterangan terkait dengan peristiwa di Pasar Jepang, Rabu (4/9) sekitar pukul 11.00 WIB. Kedua saksi yang dimintai keterangan adalah anggota Satpol PP dan Dishub yang berada di lokasi saat penganiayaan terhadap polisi terjadi.

Sebelum di boyong ke Mapolres Nias, pelaku yang merupakan warga Jalan Pelabuhan Baru, Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, diamankan kedua saksi.

"Awalnya ribut sama petugas Dishub dan Satpol PP. Saat itu Pak Menteri mau lewat," ujar I Gede.

Korban saat itu hendak melaksanakan tugas mendokumentasikan kunjungan Menko Maritim. Korban saat itu melihat ada keributan yang membuat kemacetan. Brigadir Dian menegur pelaku dengan niat untuk melerai keributan .

"Pelaku tersebut diduga tidak senang. Ia membuka pintu mobil sambil menarik kerah baju sambil menyerudukkan kepalanya ke arah wajah Brigadir Dian," tandasnya.

Akibatnya, hidung Brigadir Dian terluka dan mengeluarkan darah. Melihat hal itu, petugas Satpol PP dan Dishub langsung mengamankan pelaku.

Sementara itu, korban Dian Octo dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Setelah itu Brigadir Dian melaporkan penganiayaan dirinya di Polres Nias Selatan.



(fdn/fdn)