Laporan dari Thailand

Cerita WNI di Thailand tentang Kompaknya Muslim di Narathiwat

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 20:06 WIB
Mahasiswi asal Indonesia yang sedang KKN di Thailand. (Audrey Santoso/detikcom)
Mahasiswi asal Indonesia yang sedang KKN di Thailand. (Audrey Santoso/detikcom)
Narathiwat - Dedi Sartiwi (21), mahasiswi asal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang sedang kuliah kerja nyata (KKN) di Provinsi Narathiwat, Thailand, memuji kekompakan warga sekitar yang mayoritas beragama Islam. Dia mengaku merasakan suasana kekeluargaan di lokasinya KKN.

"Saya melihat muslim di Thailand ini sangat kompak. Saya merasakan keislaman dan kekeluargaan di Nartahiwat," kata Dedi di sekolah berbasis agama Islam Attarkiah Islamiah Institute, Triat Road, Bangnak Subdistrict, Muang District, Narathiwat, Thailand, Rabu (4/9/2019).


Dia mengatakan tak ada sikap membedakan antara kaum minoritas dan mayoritas di Narathiwat. Dedi menyebut masyarakat setempat hidup berdampingan satu dengan yang lain.

"Di sini tidak ada membanding-bandingkan antara agama Islam dengan agama lainnya. Meskipun di sini Islam mayoritas, tetapi sebetulnya Islam minoritas di Thailand. Tetapi saya tidak pernah melihat, mendengar dan merasakan ada perlakuan buruk dari kelompok mayoritas kepada yang minoritas," cerita Dedi.