detikNews
Rabu 04 September 2019, 17:11 WIB

Banyak Kekerasan Anak, Komisi VIII Kritik Anggaran Kementerian PPPA Turun

Mochamad Zhacky - detikNews
Banyak Kekerasan Anak, Komisi VIII Kritik Anggaran Kementerian PPPA Turun Komisi VIII gelar RDP bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) (Moch Zhacky/detikcom)
Jakarta - Sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI mengkritik sikap pemerintah yang memangkas anggaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Menurut sejumlah anggota Komisi VIII, penurunan anggaran Kementerian PPPA tidak relevan di tengah maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Hujan kritik itu berawal dari pemaparan Menteri PPPA Yohana Yembise tentang jumlah anggaran lembaga yang dipimpinnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR. Untuk tahun 2020, Kementerian PPPA mendapatkan anggaran sebesar Rp 273,6 miliar.

Anggota Komisi VIII Diah Pitaloka kemudian menanyakan ke Menteri Yohana soal penurunan anggaran. Sebab, tahun 2019 Kementerian PPPA mendapatkan anggaran Rp 493,6 miliar.


"Kenapa turun? Apa nggak terlihat perform? Saya yakin Menteri Keuangan (Menkeu) sangat concerns terhadap isu-isu perempuan. Apa anggarannya sedikit karena dipindahkan ke kementerian lain?" kata Diah dalam rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Diah khawatir dengan jumlah anggaran yang diberikan, program Kementerian PPPA menjadi tidak berjalan. Oleh karena itu, dia meminta Kementerian PPPA mendesak Menkeu agar menambah anggaran.

"Takutnya ini (program Kementerian PPPA) tak bisa jalan, karena konsen masyarakat terhadap isu kekerasan perempuan makin tinggi. Secara umum kami minta anggarannya dinaikkan," terang politikus PDIP itu.


Anggota Komisi VIII, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo juga bersikap demikian. Politikus Gerindra yang kerap dipanggil Sara itu mempertanyakan alasan Menkeu memangkas anggaran Kementerian PPPA.

"Sekarang bukan hanya balik lagi ke anggaran awal tetapi turun malah 49%," sesal Sara.

Menurut Yohana, pemangkasan anggaran Kementerian PPPA telah disepakati Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut besaran anggaran seluruh kementerian memang kembali seperti tahun 2014.


Namun, Kementerian PPPA termasuk yang mendapat penambahan anggaran. Kementerian PPPA mendapatkan penambahan anggaran Rp 37 miliar.

"Semua kementerian begitu, kembali ke (anggaran) awal seperti 2014 dulu, tapi syukurlah PPPA masih bisa ditambah Rp 37 miliar," ucap Yohana.



Simak juga video KPAI: Video Kekerasan Anak Jangan Disebar!:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com