Polisi: Surya Anta Pimpin Pertemuan Sebelum Pengibaran Bendera Bintang Kejora

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 16:09 WIB
Foto: Kombes Argo Yuwono (Samsuduha)
Jakarta - Polisi menyebut juru bicara Front Rakyat Indonesia untuk Papua Barat (FRI-West Papua) Paulus Suryanta Ginting (Surya Anta) memiliki peran penting dibalik aksi pengibaran bendera bintang kejora di Jakarta. Surya disebut berperan memimpin setiap pertemuan hingga mengundang media asing untuk meliput aksi demonstrasi yang diikuti dengan pengibaran bendera itu.

"Sebelum melakukan kegiatan aksi, sudah dilakukan 3 kali pertemuan diinisiasi oleh tersangka PSG. Dia yang pimpin kegiatan pertemuan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Argo mengatakan rencana menggelar aksi demonstrasi di dekat Istana Negara itu sudah direncanakan dengan matang, termasuk pengibaran bendera di sela-sela aksi tersebut. Surya disebut juga berperan menghubungi media asing untuk meliput kegiatan itu.


Ago menyebut saat ini pihaknya masih memeriksa para tersangka termasuk Surya. Surya diduga melakukan tindakan makar salah satunya dengan cara mengibarkan bendera bintang kejora di Istana Negara dan diliput oleh media asing.

"Intinya bahwa tersangka PSG ini dia sebagai inisiator, sebagai narator, sebagai penghubung media asing yang intinya untuk mengangkat isu kemerdekaan Papua dengan referendum," ungkap Argo.

Selanjutnya
Halaman
1 2