Yayasan Olahraga Sulsel Tetap Pertahankan Pengelolaan Stadion Mattoanging

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 13:52 WIB
Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) Konpers soal Stadion Andi Matallata (Foto: Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Rencana pengambilalihan Stadion Andi Matalatta (Stadion Mattoanging) oleh Pemprov Sulawesi Selatan, mendapat perlawanan dari pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS). YOSS tetap akan mempertahankan pengelolaan kawasan olahraga Mattoanging yang dikuasai sejak 1982 itu.

Ketua Umum YOSS Andi Karim Beso mengatakan pernyataan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang mengklaim Pemprov Sulsel telah mengambil alih pengelolaan stadion dari YOSS ke KONI Sulsel tidak memiliki dasar hukum.



Menurut Karim, klaim Pemprov Sulsel memiliki Sertifikat Tanah Nomor 40 tahun 1987, berstatus Hak Pakai atas kawasan olahraga Mattoanging telah habis masanya, karena telah lewat masa 25 tahun sesuai PP No 40 Tahun 1996.

Selain itu, lanjut Karim, Pemprov Sulsel terkesan semena-mena dengan melupakan jasa-jasa pahlawan Sulsel Mayjen Andi Matalatta yang juga mantan Panglima Penguasa Perang Daerah Indonesia Timur. Andi Matalatta disebut sebagai orang yang memprakarsai pembangunan kawasan Mattoanging pada tahun 1957 untuk penyelenggaraan PON IV di Sulsel.

Andi Matalatta juga merupakan tokoh Sulsel yang mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Joko Widodo tahun 2016 lalu.

"Kami akan pertahankan stadion bukan untuk memiliki, sesuai amanah Almarhum Andi Matalatta, Mattoanging tidak boleh dimiliki ahli warisnya dan pendirian YOSS semata-mata untuk memajukan olahraga di Sulsel, kalau disuruh begitu saja angkat kaki tanpa bicara baik-baik ini perbuatan semena-mena," ujar Karim, Rabu (4/9/2019).