Laporan dari Thailand

34 Alquran Kuno dari Indonesia Terjaga Apik di Narathiwat Thailand

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 22:53 WIB
Foto: Sejumlah Alquran kuno dari Indonesia di Narathiwat, Thailand. (Audrey-detikcom)
Narathiwat - Sebanyak 34 kitab suci Alquran dari Indonesia tersimpan apik di sebuah sekolah swasta berbasis pendidikan agama Islam di Narathiwat, Thailand. Puluhan Alquran itu tiba di Narathiwat ketika para alim ulama Nusantara hijrah ke bagian selatan Negeri Gajah Putih itu ratusan tahun lalu.

"Di museum ini ada kurang lebih 34 Quran. Dari Indonesia, ada dari Jawa karena di sini orang Indonesia pada ratusan tahun dulu hijrah ke Pattani," kata Ketua Yayasan Pondok Ahmadiah Islamiah Lutfee H Samea di sekolah Pondok Ahmadiah Islamiah, Narathiwat, Thailand, Selasa (3/9/2019).


Alquran-alquran itu ditaruh di lemari kaca. Di bawahnya, disertakan kalimat keterangan mengenai Alquran itu dalam berbagai bahasa Thailand, Arab, dan Melayu.

Lutfee bercerita dahulu kala, Pattani, salah satu provinsi di Thailand yang bersebelahan dengan Narathiwat, merupakan 'Serambi Mekkah'. Tak hanya ulama Nusantara, ulama dari negara Timur Tengah juga berdatangan ke Pattani dan menyebarkan Islam.

"Dulu kawasan ini, kawasan para alim ulama bertamadun dari Arab, dari Yaman, tinggal di Pattani. Sebagaimana Aceh, dulu gelar daerah ini Serambi Mekkah, satu ketika dulu," ujar Lutfee

"Karena banyaknya ulama dari Yaman, Persia, Cham, Jawa, India duduk di sini, bertamadun. Tidak hanya Melayu dan Indonesia," sambung dia.