Presiden Jokowi Diminta Ungkap Alasan Detail Pemindahan Ibu Kota

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 13:52 WIB
Rico Marbun (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Politik Median Rico Marbun menilai Presiden Joko Widodo harus mengungkapkan alasan-alasan mendetail terkait pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Rico menilai hal ini bisa meyakinkan publik untuk menyetujui keputusan pemindahan itu.

"Harusnya diskursus publik, ini sekarang kajian akademik ibu kota kita kan nggak tahu. Katanya hanya Rp 400 triliun itu angka dari mana ya, kemudian kenapa tempat itu dipilih," ujar Rico di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019).

Menurut Rico, saat ini masyarakat perlu melihat apa saja alasan pemerintah melakukan pemindahan ini. Dia menilai masyarakat perlu tahu agar mengetahui sampai sejauh mana keputusan ini dijalankan oleh pemerintah.



"Yang masyarakat butuhkan itu adalah ini kajian akademik bagaimana? Benar nggak ini bisa efisien? Benar nggak dengan dipindahkan ibu kota itu segala sesuatunya bisa terjadi lebih baik? Jangan seperti, misalnya, contoh, di beberapa negara lain yang kita lihat pemindahan ibu kota itu, akhirnya hanya menjadi monumen saja begitu ya," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2