NasDem Kritik Rencana Wisata Halal Danau Toba

Budi Warsito - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 10:37 WIB
Danau Toba (Foto: iStock)


Lebih lanjut ia mengatakan alangkah lebih baik jika Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberikan jawaban bagaimana menyelesaikan masalah narkoba, kemiskinan, pendidikan, mentalitas, kebodohan, dan stunting yang terjadi di Sumut.

"Persoalan di Sumut bukan persoalan wisata halal. Jangan habis energi kita memperdebatkan hal yang tidak perlu. Kita berdebat soal yang tidak pokok," tandasnya.

Seperti diketahui, wacana wisata halal mendapat respons dari masyarakat Batak. Bahkan puluhan Mahasiswa melakukan aksi demo terkait hal itu.



Menurut Mahasiswa Pecinta Danau Toba, alasan menerapkan wisata halal tersebut rentan membuat masyarakat yang hidup berdampingan dengan damai menjadi terusik. Mereka menyarankan Gubernur Sumut seharusnya lebih fokus pada upaya menjaga kelestarian Danau Toba dari segala bentuk perusakan dan pencemaran. Mereka pun menuntut perusahaan-perusahaan yang diduga menyebabkan pencemaran di Danau Toba ditindak.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengungkapkan akan mengembangkan konsep wisata halal di kawasan Danau Toba. Termasuk juga menata pemotongan hewan berkaki empat (babi). Hal itu untuk mendukung kemajuan pariwisata KDT.
Halaman

(rvk/rvk)