detikNews
Senin 02 September 2019, 09:06 WIB

Taruna AAL Hibur Warga Busan Saat KRI Bimasuci Sandar di Negeri Ginseng

Jabbar Ramdhani - detikNews
Taruna AAL Hibur Warga Busan Saat KRI Bimasuci Sandar di Negeri Ginseng AAL unjuk display drum band di Gwanganli Beach Busan saat KRI Bimasuci berlabuh di Korea Selatan (Dok. Istimewa)
Busan - KRI Bimasuci berlabuh di Busan, Korea Selatan. Sejumlah kegiatan digelar dalam kunjungan persahabatan Indonesia dengan Negeri Ginseng ini.

"KRI Bimasuci telah berlabuh sejak tanggal 30 Agustus 2019 di negara Korea Selatan. Bermacam kesenian dan tarian serta pertunjukan ketrampilan drumband Taruna AAL telah meramaikan kota Busan, salah satu kota terbesar di selatan semenanjung Korea," kata Atase Pertahanan RI KBRI Seoul, Kolonel Pnb Imam Subekti, dalam keterangannya, Senin (2/9/2019).

Di hari Jumat (30/8), para perwira dan taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) mengundang resepsi para tamu penting di geladak kapal. Acara ini dihadiri Panglima Armada Korea Vice Admiral Park Ki Kyung, Panglima US Naval Forces Korea (USNFK) Rear Admiral Michael Boyle, Panglima Korea Naval Submarine Forces Command Rear Admiral Jung il Shik, serta para perwira staf ROK Navy Fleet Command.
Turut hadir wakil Wali Kota Busan, perwakilan perusahaan industri alat pertahanan Korea, perwira siswa Tentara Korea pelajar bahasa Indonesia dan perwira siswa TNI pelajar bahasa Korea, serta puluhan pemuda pelajar dan pekerja Indonesia di Korea. Mereka menikmati malam bersama di atas kapal kebanggaan bangsa.

"Wakil Asisten Operasi KSAL Laksma TNI Yusup dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa terima kasih dan penghormatan kepada ROK Navy Fleet yang telah memfasilitasi dan mendukung kunjungan persahabatan KRI Bimasuci ke Korea Selatan. Persahabatan kedua negara akan terus berlanjut untuk meningkatkan kerjasama militer dan pertahanan di masa mendatang," ujar Imam.

Hari selanjutnya, awak kapal KRI Bimasuci melakukan pertandingan sepakbola persahabatan dengan awak kapal ROKS Seong nam di arena stadion Pangkalan Naval Base Busan. Sementara para Taruna AAL didampingi oleh Ibu Wakil Dubes RI Ibu Siti Sofia Sudarma, Waasops Kasal Laksma TNI Yusup dan Athan RI Kolonel Pnb Imam Subekti berkesempatan mengunjungi pabrik kapal selam Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering di Gyeoje.
"Kunjungan ini memiliki tujuan penting selain untuk membuka wawasan Taruna tentang perkembangan teknologi Kapal Selam juga untuk memberikan informasi tentang kerja sama proyek kapal selam RI-Korea Selatan yang telah menghasilkan 3 kapal selam milik TNI AL dan rencana tambahan 3 kapal selam melalui proses Transfer of Technologi kepada Indonesia," ujar dia.
Aksi AAL menarik perhatian warga di pantai. Tak sedikir mereka yang mengajak foto bersamaAksi AAL menarik perhatian warga di pantai. Tak sedikir mereka yang mengajak foto bersama (Foto: Dok. Istimewa)
Di hari Minggu (1/9) giliran 60 Taruna AAL yang menampilkan display drum band di Pantai Gwanganli Beach Busan. Mereka mengenalkan tradisi ketarunaan dan menghibur para warga Korea di Busan yang sedang menikmati liburan akhir pekan di sekitar pantai. Kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat yang ada di pantai.

"KRI Bimasuci direncanakan akan kembali melanjutkan perjalanannya ke rute selanjutnya menuju kota pelabuhan Sanghai, di China pada hari ini tanggal 2 September 2019. Selamat mengarungi samudera sebagai duta bangsa KRI Bimasuci! Selamat menjalin persahabatan dengan semua bangsa, wahai Taruna muda bangsa Indonesia! Jalesveva Jayamahe, justru di laut kita jaya!" ungkap Imam.
(jbr/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com