detikNews
Minggu 01 September 2019, 13:30 WIB

Caleg Terpilih DPR Berusia 24 Tahun Ini Ingin Wujudkan 'Petani Berdasi'

Danu Damarjati - detikNews
Caleg Terpilih DPR Berusia 24 Tahun Ini Ingin Wujudkan Petani Berdasi Caleg DPR terpilih dari PAN, Fachry Pahlevi Konggoasa. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Fachry Pahlevi Konggoasa bakal melenggang ke Senayan setelah ditetapkan sebagai anggota DPR terpilih. Masih berusia 24 tahun, Fachry bertekad melibatkan para pemuda turut aktif di sektor pertanian.

Fachry, yang merupakan politikus asal Partai Amanat Nasional (PAN), ditawari masuk Komisi IV DPR, yang membidangi urusan pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan. Pria yang maju dari dapil Sulawesi Tenggara ini ingin mendorong terciptanya milenial sebagai 'petani berdasi'.


"Sulawesi Tenggara memiliki potensi pertanian yang sangat besar dan berkontribusi banyak buat kemajuan Indonesia melalui hasil pertanian. Kenapa tidak kalau kaum milenial kita libatkan sebagai pemuda bertani sehingga pemuda tidak fokus pada satu pekerjaan atau kegiatan semata melalui suatu program yang berorientasi pada sektor pertanian sehingga kelak akan melahirkan petani berdasi," ujar Fachry melalui pesan tertulis, Minggu (1/9/2019).

Fachry menyebut para pemuda masih memiliki kecenderungan bercita-cita sebagai PNS atau profesi di sektor pertambangan. Sementara itu, kata Fachry, masih sedikit pemuda yang berorientasi membenahi sektor pertanian-maritim.


"Kecenderungan pemuda masa kini hanya menggantungkan harapan pada satu kerja saja, yaitu menjadi PNS dan lebih memilih pekerjaan pada sektor pertambangan. Sementara mengelola hasil sawah maupun kelautan dan perikanan menjadi suatu ancaman besar akan pendapatan yang begitu minim. Inilah yang menjadi fokus kita adalah bagaimana menyejahterakan rakyat, dalam hal ini pemuda, melalui sektor pertanian. Sehingga kelak bisa menjadikan pemuda sebagai petani berdasi," kata Fachry.

Fachry mengaku sudah gencar mendorong program ini kepada pemuda di dapilnya. Harapannya, para pemuda bisa menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik.

"Kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan inilah yang coba saya tuangkan dalam sebuah program kerja nanti tatkala berada di legislatif kepada pemuda Indonesia, khususnya di wilayah dapil, untuk menjadikan peluang usaha sebagai jembatan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat dalam leading sector sehingga pemuda dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor sektor strategis ekonomi domestik lainnya," pungkasnya.


Jadi Anggota DPRD DKI, Putra Bamsoet Ingin Ajari Warga Wirausaha:


(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com