detikNews
2019/08/30 13:55:08 WIB

Komnas Perempuan Desak DPR Sahkan RUU PKS September 2019

Rolando Fransiscus - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komnas Perempuan Desak DPR Sahkan RUU PKS September 2019 Komnas Perempuan jumpa pers soal RUU PKS. (Rolando/detikcom)
Jakarta - RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) hingga saat ini masih menjadi pembahasan di DPR. Komnas Perempuan pun mendesak DPR untuk segera mengesahkan RUU PKS sebelum masa jabatan anggota DPR periode 2014-2019 berakhir pada 30 September.

"Jadi kami berharap pengesahan dilakukan tahun ini tidak lagi ditunda dan harus diperjuangkan lagi masuk ke dalam Prolegnas Prioritas untuk 5 tahun ke depan," kata Ketua Komnas Perempuan, Azriana, saat jumpa pers di kantornya, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).


Azriana enggan RUU PKS kembali masuk Prolegnas DPR periode 2019-2024. Dia pun berharap RUU PKS dapat disahkan September ini. Sebab, saat ini Indonesia sangat membutuhkan RUU PKS untuk memberikan akses keadilan bagi perempuan dan anak.

"Agar segera bersama pemerintah segera membentuk DIM (Daftar Inventarisasi Masalah) dan segera membahas DIM dan membuat tim perumus, termasuk tim sinkronisasi dengan hukum positif yang ada dan juga RUU hukum pidana yang saat ini sedang dibahas. Serta memastikan pembahasan RUU ini dapat berakhir dengan pengesahan pada 25 September sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan anggota DPR," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com