Membedah Pernyataan Ridwan Saidi 'Sriwijaya dan Tarumanegara Fiktif'

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 06:21 WIB
Ridwan Saidi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Budayawan Ridwan Saidi menyatakan Sriwijaya dan Tarumanegara adalah kerajaan fiktif. Pernyataan ini tentu melawan arus pemahaman sejarah yang mapan. Apakah pernyataan Ridwan cukup kuat? Mari membedah keterangan Ridwan.

Keterangan Ridwan Saidi disampaikannya dalam akun YouTube Macan Idealis yang dipandu oleh Vasco Ruseimy. Ada dua video utama terkait Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Tarumanegara.



Pertama, video berjudul 'Mengejutkan !! BABE RIDWAN SAIDI NGAMUK, Ternyata Sriwijaya Adalah Kerajaan Palsu dan Fiktif' diunggah 23 Agustus 2019'. Video kedua berjudul 'GEGER !! Terbongkar Ternyata Sriwijaya Hanyalah Bajak Laut, dan Banyak Kerajaan Fiktif di Indonesia' diunggah 25 Agustus 2019.

Dalam video 'Geger !!' Ridwan menjelaskan bahwa Kerajaan Sriwijaya adalah fiktif. Yang selama ini diyakini sebagai Sriwijaya bukanlah Kerajaan, melainkan gerombolan bajak laut yang bermukim di Koromandel (Chola Mandala) di pantai tenggara India Abad ke-7 Masehi. Berikut penuturan Ridwan yang menyebut nama I Ching dari Tiongkok sebagai landasan ceritanya.