LSI: Kalau Jokowi Salah Pilih Capim KPK Bisa Gerogoti Kredibilitas

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 29 Agu 2019 18:15 WIB
Peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan masyarakat menyatakan puas terhadap kinerja pemberantasan korupsi di era Presiden Joko Widodo (Jokowi). LSI mendapatkan data bahwa masyarakat yang puas pada kinerja pemberantasan korupsi memilih Jokowi pada Pilpres 2019.

"Pemilu 2019 bulan April 17 memilih siapa? Kemudian kita cross mereka yang mengatakan sangat banyak, atau cukup banyak bahwa pemerintah sudah bekerja dalam memberantas korupsi itu yang memilih Pak Jokowi itu 63,4%. Jadi orang yang mengevaluasi positif bahwa presiden bahwa pemerintah sudah bekerja dalam memberantas korupsi itu umumnya memilih Pak Jokowi," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi.

Hal ini disampaikan Burhanuddin dalam rilis survei bertema 'Efek Kinerja Pemberantasan Korupsi terhadap Dukungan ke Jokowi' di Hotel Mercure Cikini, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2019).


Survei dilakukan pada bulan Mei 2019. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.220 responden yang berusia 17 tahun ke atas dengan metode multistage random sampling. Margin of error plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Waktu wawancara lapangan 11-16 Mei 2019, quality control juga dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel dan tidak ditemukan kesalahan berarti.

Responden diberikan pertanyaan: Menurut Ibu/bapak, apakah pemerintah sekarang sudah bekerja dengan baik dalam memberantas praktik korupsi dan suap? Hasilnya, masyarakat menilai pemerintah sudah cukup banyak bekerja memberantas korupsi dan suap.

- 10,3% menjawab ya sudah sangat banyak bekerja,
- 50,8% menjawab ya sudah cukup banyak bekerja,
- 28% menjawab belum banyak bekerja
- 0,9% menjawab belum bekerja sama sekali
- 0,2% tidak mengerti pertanyaannya
- 9,7% tidak tahu
- 0,1% menolak menjawab.

Selanjutnya
Halaman
1 2