detikNews
Kamis 29 Agustus 2019, 14:21 WIB

Menteri ATR Sebut Tak Ada Lahan Prabowo di Calon Ibu Kota Baru

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Menteri ATR Sebut Tak Ada Lahan Prabowo di Calon Ibu Kota Baru Sofyan Djalil (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan tidak ada lahan milik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di lahan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Sofyan menyebut ada lahan hutan tanaman industri (HTI), tapi dia meyakini lahan itu bukan milik Prabowo.

"Rasanya nggak ada, nggak ada rasanya, yang sifatnya HTI Pak Prabowo tidak termasuk dalam... rasanya ya. Tapi nanti akan kita lihat. Ada HTI, tapi bukan HTI beliau," kata Sofyan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2019).


Sofyan mengatakan HTI yang ada di Kalimantan Timur tidak perlu dibebaskan. Dia menyebut masalah lahan HTI kewenangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"HTI nggak perlu dibebaskan, tinggal dikurangi saja luas HTI-nya. Itu kewenangan Menteri LHK," jelas Sofyan.


Sebelumnya, juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak, menepis adanya kepemilikan lahan Prabowo Subianto di Kalimantan Timur, ibu kota baru Indonesia. Dahnil menyatakan, lahan di Kalimantan Timur dikelola Arsari Group.

Arsari Group sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

"Lahan di Kalimantan Timur adalah lahan milik Arsari Group bukan milik Pak Prabowo. Seperti yang disampaikan Presiden, kan ibu kota akan dibangun di tanah milik pemerintah sendiri, bukan milik pihak lain," katanya kepada detikFinance, Rabu (27/8).



Soal Ibu Kota Baru, Pakar Ekonom: Bentuk Transformasi Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com