detikNews
Kamis 29 Agustus 2019, 13:40 WIB

Bea-Cukai Belawan Musnahkan Ribuan Batang Rokok dan Minuman Alkohol

Khairul Ikhwan - detikNews
Bea-Cukai Belawan Musnahkan Ribuan Batang Rokok dan Minuman Alkohol Foto: Bea-Cukai Belawan musnahkan ribuan batang rokok hingga minuman alkohol (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - Bea dan Cukai (BC) memusnahkan sejumlah barang sitaan dari berbagai kasus di Medan, Sumatera Utara. Di antaranya pakaian bekas, rokok dan minuman beralkohol.

Pemusnahan berlangsung di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan, Jalan Anggada II, Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (29/8/2019). Sejumlah barang sitaan seperti pakaian dan rokok dimusnahkan dengan cara dibakar, sementara botol minuman mengandung etil alkohol dihancurkan.


Kepala Bea dan Cukai Belawan, Tri Utomo menyatakan, seluruh barang bukti yang dimusnahkan itu berasal dari sejumlah kasus yang telah selesai proses hukumnya. Yakni 512.400 batang rokok ilegal, 787 botol minuman dan 108 koli ballpress pakaian bekas. Secara materil nilai barang yang dimusnahkan ini mencapai Rp 140,3 juta.

Bea-Cukai Belawan Musnahkan Ribuan Batang Rokok dan Minuman AlkoholFoto: Bea-Cukai Belawan musnahkan ribuan batang rokok hingga minuman alkohol (Khairul Ikhwan/detikcom)

"Nilai immateril yang diselamatkan bea dan cukai tidak terhitung karena kerugian jika barang yang dimusnahkan itu berada di pasar bebas, baik terganggunya pertumbuhan industri tekstil dalam negeri, potensi terjangkit penyakit menular dari pakaian bekas, maupun meningkatnya kerawanan sosial karena penjualan miras ilegal," katanya.


Disebutkan Tri Utomo, pihaknya juga telah melaksanakan lelang terbuka terhadap barang yang dikuasai negara, dan barang yang menjadi milik negara pada 12 Agustus lalu. Total nilai limitnya mencapai Rp 634,2 juta.

Barang-barang tersebut antara lain berbentuk mesin bubut, 16.327 ban dalam dan 11.648 ban luar sepeda. Beberapa barang tegahan tersebut merupakan serah-terima dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan.



Tonton juga video Bea-Cukai Pasar Baru Binasakan Barang Terlarang, Ada Senjata Api!:

[Gambas:Video 20detik]


(rul/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +