Laporan dari Seoul

Megawati soal Polusi Jakarta: Katanya Udah Paling Tinggi, Kan Malu Ya

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 22:50 WIB
Megawati Soekarnoputri (Herianto Batubara/detikcom)
Seoul - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kembali menyampaikan pandangan terkait pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, juga nasib Kota Jakarta. Terkait Jakarta, dia berharap penataan harus dilakukan dalam segala aspek agar permasalahan, seperti kemacetan, banjir, hingga polusi udara, nantinya bisa diselesaikan hingga tuntas.

Megawati menilai pemindahan ibu kota adalah hal yang sangat strategis. Karena itu, menurutnya, penting dilakukan kajian dan pendalaman, bukan hanya sekadar omongan-omongan. Dia berpendapat Jokowi perlu membentuk suatu tim.

"Untuk saya, hal-hal yang sangat strategis, penting, ini harus didalami. Artinya, bukan berarti hanya dengan omongan-omongan saja. Tapi harus dibentuk, saya nggak tahu, karena Presiden (Jokowi) yang harus membentuk. Apakah sebuah tim atau sebuah yang besar lagi, untuk bagaimana pendalaman memindahkan ibu kota," kata Megawati kepada wartawan di Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2019).



Megawati sebelumnya bicara soal kemungkinan mencontoh model ibu kota baru Indonesia dari sejumlah negara lain. Misalnya Canberra di Australia, Washington, DC, di Amerika Serikat, atau Putra Jaya di Malaysia, dan lainnya.

"Nah, hal-hal seperti ini saya kira, kita serius saja dengan pendalaman itu. Jadi tentu termasuk Jakarta, apakah menjadi sebuah kota, apakah posisinya untuk ekonomi saja, sebagai kota perdagangan, itu kan mesti dikaji. Karena nanti ada kajian secara administrasi, teori, juga pelaksanaan di lapangan," jelas Megawati.

Selanjutnya
Halaman
1 2