detikNews
Rabu 28 Agustus 2019, 21:11 WIB

Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Bogor, 2 Rumah Rusak

Haris Fadhil - detikNews
Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Bogor, 2 Rumah Rusak Ilustrasi longsor (Andhika/detikcom)
Jakarta - Hujan deras menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, tapi dua rumah mengalami kerusakan.

"Tanah longsor terjadi dan merusak dua unit rumah di Desa Tajurhalang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo, Rabu (28/8/2019).


Tanah longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Agus mengatakan ada tujuh orang dari dua keluarga yang terdampak tanah longsor tersebut.

Tanah longsor itu dipicu curah hujan tinggi dan kondisi tanah yang labil. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sudah berada di lokasi.

"Bencana tanah longsor itu terjadi karena intensitas curah hujan tinggi dengan kondisi tanah yang labil," ucapnya.


Selain itu, hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor dan Depok sore tadi menyebabkan banjir. Salah satu lokasi yang tergenang banjir adalah wilayah Citayam.

Pantauan detikcom di RT 5 RW 11 Citayam, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Rabu (28/8/2019), ketinggian air sampai sekitar paha orang dewasa. Akses jalan ke Kampung Utan pun tertutup.
(haf/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com