Dirut PT Pupuk Indonesia Sebut Bowo Sidik Teman Dekat PT HTK

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 15:57 WIB
Suasana persidangan Bowo Sidik Pangarso. (Yulida Medistiara/detikcom)
Suasana persidangan Bowo Sidik Pangarso. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Aas Asikin Idat mengaku tidak menyimpan kecurigaan apa pun ketika seorang Bowo Sidik Pangarso menemuinya bersama perwakilan dari PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK). Aas, yang merupakan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC), hanya menduga Bowo yang saat itu anggota DPR memiliki kedekatan dengan perusahaan swasta tersebut.

"Saat Pak Bowo datang di Pupuk Indonesia, saya menganggapnya Pak Bowo teman dekat dari Humpuss. Saya menganggap kehadirannya sebagai orang dekat," ucap Aas ketika bersaksi dalam persidangan dengan terdakwa Bowo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).
Aas mengamini bahwa Bowo-lah yang menghubunginya lebih dulu sebelum pertemuan itu. Aas menyebut Bowo ketika itu mengatakan kepadanya bahwa PT HTK ingin menjalin hubungan bisnis.

"Pak Bowo menyampaikannya, 'Pak Aas, ini teman-teman dari PT Humpuss ingin bertemu, menjalin hubungan silaturahmi, jalin hubungan bisnis ke Bapak,'" ujar Aas.

Hingga pada akhirnya Aas menerima kedatangan Bowo bersama perwakilan PT HTK, yaitu Asty Winasti, Taufik Agustono, dan Theo Lekatompessy. Sedangkan Aas didampingi Direktur Pemasaran PT PIHC Achmad Tossin Sutawikara.