Pemprov DKI Tak Lagi Bantu Pencari Suaka Kalideres: Kami Serahkan ke UNHCR

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 10:58 WIB
Para Pencari Suaka di Kalideres. (Foto: Adhi Indra/detikcom)
Jakarta -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak lagi menanggung bantuan makanan dan tempat penampungan bagi pengungsi pencari suaka di lahan eks Kodim Kalideres mulai 31 Agustus. Pemprov DKI Jakarta akan menyerahkan para pengungsi ke UNHCR.
"Sepenuhnya nanti akan ada arahan dari pemerintah pusat terkait dengan hal ini. Karena memang sesungguhnya penanganan pengungsi jadi tugas pemerintah pusat dalam hal ini UNHCR. Sampai dengan tanggal 31 (Agustus)," kata Kepada Dinas Sosial DKI Jakarta Iramansyah di GOR Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

Irmansyah sendiri mengatakan hingga saat ini bantuan logistik bagi pengungsi masih diberikan. Dia berharap ada kejelasan dari UNHCR untuk penanganan pengungsi.
"Alhamdullilah kita masih dapat memberikan untuk makanan mereka. Nanti kita setelah ini mudah-mudahan ada arahan lebih jelas terkait hal tersebut," jelasnya.
Sebelumnya, UNHCR menyebut akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan para pencari suaka. UNHCR masih mengkaji penanganan bagi para pengungsi tersebut.
"Kami berharap, kami dapat merancang sebuah rencana dengan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan mendasar para pengungsi yang dinilai sangat rentan," ujar Representatif UNHCR di Indonesia Thomas Vargas di kantor UNHCR, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Vargas juga mengatakan, pihaknya menginginkan adanya tempat pengungsian lain. Hal ini dikarenakan banyaknya, masalah yang muncul di tempat pengungsian saat ini.
"Hal terakhir yang kami inginkan adalah terbentuknya tempat pengungsian lagi. Karena banyak masalah yang muncul di tempat pengungsian semacam ini seperti pengeluaran," kata Vargas.





Tonton juga video Pemprov DKI Perlebar Trotoar untuk PKL:

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/idn)