detikNews
Rabu 28 Agustus 2019, 10:49 WIB

22 Napi Narkoba di Lapas Tabanan Bali Lulus Program Rehab

Aditya Mardiastuti - detikNews
22 Napi Narkoba di Lapas Tabanan Bali Lulus Program Rehab 22 narapidana kasus narkoba lulus program rehabilitasi (Foto: Dok. Istimewa)
Denpasar - Sebanyak 22 narapidana kasus narkoba di Lapas Tabanan, Bali, lulus program rehabilitasi. Setelah mengikuti program rehab selama 6 bulan puluhan napi ini dinyatakan bebas narkotika.

"Jumlah napi narkoba 60 orang dan yang direhab sebanyak 22 orang dan hasil evaluasi akhir keseluruhan peserta telah negatif. Program rehab 6 bulan," kata Kalapas Kelas IIB Tabanan I Putu Mardiana kepada wartawan, Rabu (28/8/2019).


Program rehabilitasi ini dilaksanakan pada 11 Maret-25 Agustus 2019. Kegiatan rehab ini mulai dari pemeriksaan kesehatan, tes urine, konseling adiksi (ketergantungan) hingga pelatihan vokasional atau keterampilan kerja. Program rehab ini digelar satu tahun sekali di Lapas Tabanan.

Para napi menjalani program rehabilitasi selama 6 bulanPara napi menjalani program rehabilitasi selama 6 bulan (Foto: Dok. Istimewa)

"Rehabilitasi sosial ini merupakan rehabilitasi terapi komunitas yang tanpa menggunakan obat-obatan. Rehabilitasi ini memiliki keunggulan karena setiap peserta rehab secara bersama-sama untuk mencari solusi untuk pemulihannya," ujar Ketua Tim Dokter Lapas Tabanan yang menangani masalah rehab dr Tresnadewi.


Salah satu napi yang mengikuti program rehab ini mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain bisa mengurangi kecanduannya, dia juga bisa mendapatkan pelatihan kerja maupun bimbingan spiritual.

"Selama 6 bulan mengikuti rehab dirinya merasa lebih percaya diri, lebih optimis untuk menatap masa depan yang lebih baik. Terima kasih kepada Bapak Kalapas beserta jajaranya serta para konselor dan instruktur yang tanpa kenal lelah selalu memberikan bimbingan dan dorongan dalam program rehab ini," tutur I Ketut Yoga Artawan alias Cicak yang dihukum 5,5 tahun penjara karena kasus narkoba.




Tonton juga video Nekat Edarkan Sabu Milik Napi, 3 Wanita di Makassar Diciduk!:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com