Hadiri Hakteknas di Bali, JK Ingatkan Inovasi Tingkatkan Nilai Tambah

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 10:20 WIB
Jusuf Kalla di Harteknas di Bali (Foto: Noval Dhwinuari/detikcom)
Denpasar - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Denpasar, Bali. JK mengungkapkan, teknologi tidak saja berbicara dunia IT, tapi juga inovasi yang meningkatkan nilai tambah.

JK tiba di lokasi acara peringatan Hakteknas 2019 di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019) pukul 10.03 Wita. JK didampingi Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Gubernur Bali Wayan Koster.

"Pada dewasa ini setiap kemajuan itu selalu berdasarkan kepada ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan teknologi tidak berarti semuanya berbicara IT tentunya. Tapi setiap inovasi yang dapat meningkatkan nilai tambah," kata JK dalam sambutannya.



JK melanjutkan, selain nilai tambah, teknologi juga harus meningkatkan setiap usaha ilmu pengetahuan dan riset yang dapat memberikan efisiensi daripada sebelumnya. Inovasi teknologi juga harus membuat sesuatu memiliki biaya lebih murah daripada sebelumnya.

"Atau (menjadikan sesuatu) yang lebih besar produktifitasnya daripada sebelumnya, itu lah inovasi yang lebih baik," tuturnya.



Inovasi dalam teknologi juga harus membuat Indonesia memenangkan persaingan antara bangsa-bangsa di dunia.

"Khususnya bangsa-bangsa di Asia," pungkas JK.



JK Sambut Baik Hidupnya GBHN, Tapi...:

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/mae)