Pemprov DKI Akan Bangun 15 JPO Bergaya Futuristik di 2020

Pemprov DKI Akan Bangun 15 JPO Bergaya Futuristik di 2020

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 13:47 WIB
Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyebut akan membangun sekitar 15 Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pada tahun 2020. JPO tersebut dirancang dengan desain futuristik dan dilengkapi dengan lift untuk penyandang disabilitas.

"Di samping itu selain membangun pedestrian kita membuat JPO, hampir 15 JPO yang kita rencanakan dan akan bangun 2020. Secara konsep desain teman-teman bisa lihat," ujar Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho kepada wartawan di Taman Sepeda Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).



Hari mengatakan setiap JPO itu akan dilengkapi dengan lift. Lift tersebut untuk memudahkan akses bagi penyandang disabilitas yang ingin melewati JPO.

"Jadi utamanya kaum disabilitas itu harus kita utamakan. Kalau JPO yang kita bangun itu ada liftnya. Jadi JPO yang sekarang kita bangun itu semuanya ada lift-nya. Untuk membantu yang sudah tua, ibu hamil ataupun tuna netra," katanya.

Lebih lanjut, kata Hari, JPO yang dibangun akan menggunakan desain yang futuristik. Seperti JPO Bundaran Senayan, JPO Gelora Bung Karno dan JPO Polda Metro Jaya yang telah dibangun sebelumnya.

"Kemudian kita akan bangun revitalisasi JPO yang ada di Semanggi, Karet dan Dukuh Atas. Nanti akan kita buat JPO yang futuristuk, maupun dengan tata lampu yang baik seperti yang ada sekarang," kata dia.

"JPO yang akan kita bangun tidak akan kalah menarik yang sudah kita bangun seperti JPO Bundaran Senayan, GBK dan JPO Polda," ujar Hari.

Hari menambahkan, saat ini JPO yang sedang dibangun di 2019 adalah JPO di Daan Mogot, Jakarta Barat dan JPO Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pembangunan tersebut ditargetkan rampung Desember 2019.

"Seperti sekarang lagi tahap pembangunan di Daan Mogot dan JPO Pasar minggu sekitar 30 persen kita harapkan di Desember 2019 akan selesai," kata dia.



Tak hanya JPO, Hari mengatakan Pemprov DKI juga akan membangun trotoar dan halte. Pembangunan fasilitas publik bagi pedestrian itu untuk menunjang kenyamanan warga Jakarta dalam menggunakan transportasi umum.

"Selain JPO, kita juga buat halte. Jadi masyarakat menuju transportasi antarmoda nyaman, jalan kaki nyaman, halte nyaman dan JPO-nya juga nyaman," pungkas Hari. (lir/mae)